Kelupaan Membaca Do’a Buka Puasa? Sah atau Tidak Puasanya?


Momen berbuka puasa adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Setelah seharian menahan lapar dan haus, tentunya kita ingin menyegerakan berbuka puasa. Nah, biasanya karena fokusnya adalah minuman yang ada di depan mata, terkadang kita kelupaan membaca doa buka puasa. Setelah adzan berkumandang, kita langsung buru-buru minum.

Atau bisa jadi juga karena kamu ingin membaca do’a buka puasa setelah selesai berbuka sesuai anjuran beberapa pendapat agar mendapat sunnah yang sempurna, tapi malah kelupaan. Pasalnya, kebiasaan sejak dulu adalah membacanya di awal. Jadi, saat ingin mengakhirkan membacanya, kita kelupaan. Mungkin karena terlalu kenyang atau buru-buru akan berangkat Sholat Tarawih.

Kelupaan Membaca Do’a Buka Puasa? Sah atau Tidak Puasanya?

Lalu, bagaimana hukumnya? Sah atau tidak puasa yang telah kita lakukan seharian penuh? Mari kita bahas.

1.       Anjuran Memperbanyak Do’a Menjelang Berbuka Puasa
Rasulullah Saw. menjadikan momen berbuka puasa sebagai bentuk syukur kepada Allah Swt. Salah satu cara mengungkapkannya adalah dengan berdo’a terlebih dahulu sebelum membatalkan puasanya. Berikut salah satu do’a buka puasa yang disebutkan dalam hadits riwayat sahabat Muadz bin Zuhrah, di mana Rasulullah Saw. Ketika berbuka, Beliau berdo’a :

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
“Allaahumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘alaa rizqika afthortu. Birahmatika yaa arhamarroohimiin”.
Artinya:

“Ya Allah,untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Bahkan Rasulullah Saw. juga mengajarkan kepada ummatnya untuk memperbanyak berdo’a menjelang berbuka puasa. Berdo’a menjelang berbuka puasa merupakan waktu di mana do’a yang kita panjatkan dijanjikan akan dikabulkan oleh Allah Swt.

Jadi, sangat disayangkan jika kita tidak mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw. Alangkah baiknya jika kita menyiapkan waktu khusus untuk mengamalkan amalan mudah ini.

2.       Hukum Lupa Membaca Do’a Buka Puasa
Salah satu kesunnahan ketika melakukan ibadah puasa adalah menyegerakan berbuka puasa saat adzan Maghrib mulai berkumandang. Namun, terkadang karena terburu-buru, saat berbuka puasa kita lupa membaca do’a buka puasa dan langsung minum untuk melepas dahaga yang telah kita tahan seharian. 

Lalu, yang jadi pertanyaan untuk kita yang masih sedikit awam atau ragu mengenai hukum Islam adalah sahkah puasa yang telah kita lakukan seharian penuh jika kelupaan membaca do’a buka puasa?

Menurut wahdahjakarta.com dalam tanya jawab fiqih puasa (10) tentang hukum berbuka puasa tanpa membaca do’a buka puasa, hukum puasanya tetap sah. Siapa yang berbuka puasa atau berniat buka puasa tanpa membaca dzikir-dzikir buka puas, baik basmallah atau yang lainnya, maka puasanya tetap sah dan tidak ada dosa bagi dirinya.

Namun,  tetap disunnahkan bagi orang yang berpuasa ataupun tidak untuk membaca basmallah sebelum menyantap makanan. Jika ia berbuka puasa, maka setelah berbuka hendaknya membaca salah satu do’a berbuka puasa, misalkan do’a buka puasa yang telah disebutkan di atas atau membaca do’a sebagai berikut:
ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ
“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru InsyaaAllah”
Artinya:
“Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insyaaAllah” (H.R. Abu Daud).

3.       Tips Agar Tak Kelupaan Membaca Do’a Buka Puasa
Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar meminimalisir kelupaan membaca do’a buka puasa, antara lain :

a.       Menempel bacaan do’a buka puasa di dinding meja makan
b.      Pasang alarm berbuka di smartphonemu berikut keterangan untuk membaca do’a buka puasa
c.       Fokuskan diri untuk berdo’a beberapa menit menjelang berbuka
d.      Jadikan kebiasaan untuk bersama-sama membacanya dengan anggota keluarga yang lain
e.      Meminta anggota keluarga untuk selalu mengingatkan membaca do’a buka puasa

Nah, di atas merupakan jawaban bagi kamu yang masih ragu mengenai hukum lupa membaca do’a buka puasa. Intinya membaca do’a buka puasa itu sunnah. Jadi, apabila kamu kelupaan membacanya, maka tak mengapa. Namun, tentu lebih baik mengamalkan sunnah agar lebih berkah dan tentunya mendapatkan pahala sunnah tersebut. Wallaahu a’lam bish-showaab.