Apakah Kita Perlu Aware Pada Bahan Popok?

Bahan dari popok bayi memang bermacam-macam. Ada yang berbahan lembut ada juga yang tidak terlalu lembut. Bahan lembut seperti popok Merries biasanya terbuat dari bahan yang memang punya tekstur yang halus. Namun adakah bahan pokok yang berbahaya dan harus dihindari dari sebuah popok?

Apakah Kita Perlu Aware Pada Bahan Popok?

Bahan Popok Pasti Aman

Kalau kita mau melihat bagaimana regulasi pemerintah Indonesia bekerja, semua produk yang bersifat seperti kosmetika ataupun peralatan bayi biasanya sudah diuji terlebih dahulu. Sebenarnya kita tidak perlu khawatir kepada berbahaya atau tidaknya sebuah pokok karena itu sudah terjamin keamanannya.

Lagipula sebelum perusahaan ini mengeluarkan sebuah produk pasti mereka mengujinya terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana efeknya. Popok bayi pasti mempunyai tekstur dan juga tingkat kelembutannya sendiri-sendiri. kita memang perlu mengetahui bahwa ada beberapa bahan pokok yang dapat menimbulkan alergi untuk kulit kita.

Tetapi bahan tersebut dikenali secara umum sebagai bahan yang aman. Sebenarnya kita yang perlu berhati-hati dan mengenal bagaimana sensitivitas kulit anak kita. Jangan sampai karena kita tidak mengenalnya tiba-tiba anak kita menderita sesuatu yang mengganggu kesehatannya. Menariknya lagi kalau memang ingin mengerti popok yang tepat kita harus mengenali anak sendiri.

Hindari Bahan yang Sebabkan Alergi

Ketika  anak mengalami alergi pada bagian kemaluannya, kita juga perlu memeriksa bahan popok yang digunakan. Kulit kemerahan ataupun gatal merupakan salah satu tanda alergi. Biasanya saat terjadi hal seperti itu anak menjadi rewel dan tidak mau diam. Selain bahan pokok kita juga perlu memperhatikan kelembaban dari kulit anak.

Ketika kulit terlalu lembap saat bertemu bahan popok yang tidak cocok, itu dapat menimbulkan reaksi yang tidak terduga. Mungkin saja bisa lecet ataupun alergi. Memang jarang kasus yang terjadi ada baiknya kita berjaga-jaga untuk anak kita. Popok yang memiliki bahan semacam itu, biasanya sudah dikategorikan aman oleh aturan negara.

Reaksi-reaksi unik yang muncul, itu biasanya terjadi karena keunikan pada diri si anak. Hal tersebut memang sangat mungkin terjadi sebagaimana kita ingat kalau seseorang bisa memiliki alergi obat pada obat yang tergolong aman. Kemungkinan hal yang sama juga dapat diterapkan pada popok.

Selain menimbulkan alergi, kita juga perlu memperhatikan munculnya jamur pada daerah selangkangan anak. Jamur muncul karena kelembaban pada kulit dan bercampur keringat dan kotoran. Ketika selangkangan anak berjamur kita bisa mengetahui bahwa bahan pokok tersebut lembab dan juga tidak terlalu menyerap air.

Untuk itu Anda bisa berganti dengan popok yang lebih menyerap air seperti popok Merries. Memang akan terasa sulit apabila kita sudah biasa menggunakan sebuah popok lantas kita harus menggantinya dengan yang lebih baik. Namun demi kebaikan si anak kita tidak boleh membiarkan egosentrisme yang berkuasa. Kita perlu lihat apa dan bagaimana kebutuhan anak kita.